Penyerbukan Tanaman Jagung (Zea mays L.)

Tanaman Jagung (Zea mays L.) merupakan tanaman berumah satu (monoecus) yang memiliki bunga terpisah tapi masih dalam satu tanaman.
Bunga jantan Jagung tersusun atas benangsari, serta terletak di bagian titik tumbuh apikal tanaman, bunga berupa bulir yang membentuk pola karangan. serbuk sari ringan, kecil, dan tidak berlekatan.
Bunga betina Jagung tersusun dalam tongkol yang tumbuh diantara batang dan pelepah daun, putik merupakan putik tunggal yang mempunyai satu ovari. Bunga tidak dilengkapi oleh perhiasan bunga. Pada satu tongkol bunga terdiri dari banyak putik.



Tanaman jagung bersifat Protandry yaitu bunga jantan masak terlebih dulu 1-2 hari daripada bunga betina. Letak bunga jantang yang terpisah dari bunga betina sehingga pada tanaman jagung terjadi penyerbukan silang (Cross pollination). Selengkapnya disini...


Dasar dari penyerbukan adalah jatuhnya benangsari di kepala putik. Tanaman Jagung memiliki rambut Jagung yang merupakan pemanjangan dari saluran ovari. sehingga ketika ada serbuk sari yang terbang akan ditangkap oleh rambut-rambut jagung, dan selanjutnya akan membantut serbuk sari masuk ke dalam ovari jagung. 
Rambut ini merupakan tangkai putik yang memanjang. Pada pemanjangan tangkai putik terdapat struktur yang bercabang-cabang yang memudahkan serbuk sari untuk di tangkap oleh putik. 

Pada umumnya penyerbukan Tanaman Jagung dibantu oleh angin (Anemogami). Bagaimana dengan serangga serangga ini.?

Video amatir Serangga Berpesta 











Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh molotovcoketail. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget